Thursday, December 29, 2016

Elipsis




Sudah paham kan, kalau elipsis itu sebutan untuk tanda baca titik tiga ( ... ) untuk di tengah kalimat, dan titik empat ( .... ) di akhir kalimat? Tapi apa sih sebenarnya tanda elipsis itu?
Di sini wikipedia menerangkan:








Terus buat apa sih elipsis itu? Kenapa kita butuh elipsis untuk karya tulis kita?

Elipsis digunakan untuk:

1) Dipakai dalam kalimat yang terputus-putus (sebagi jeda/ucapan yang menggantung).
    Contoh: Kalau begitu ... lebih baik aku pergi.

2) Dipakai pada akhir kalimat sebagai tanda penurunan volume menuju kesenyapan.
    Contoh: Dia pergi begitu saja....
               
3) Menunjukkan bahwa dalam satu kalimat ada bagian kata atau kalimat yang dihilangkan. Biasanya ini digunakan pada sebuah kutipan langsung.
    Contoh: Sudah paham kan, kalau ... di akhir kalimat? (Kutipan kalimat di awal paragraf postingan ini.)

"Okay, Kak, aku mengerti. Tapi gimana sih cara penulisan elipsis yang benar? Ada yang bilang pake spasi, ada yang bilang gak pake, Aku kan jadi bingung." (Pertanyaan salah satu penghuni Room dengan sedikit suntingan)

Tergantung yang jadi acuan mana? Karena kalau kita mengacu pada peraturan penerbit-penerbit besar, mereka mempunyai gaya selingkung masing-masing. Wah, emang selingkung itu apa sih? Bukan selingkuh, kan? XD
Bisa dilihat di bawah pengertian selingkung.














Kembali ke topik semula. Di wikipedia sendiri tidak dijelaskan cara penulisan elipsis seperti apa, tapi dari contoh yang wikipedia berikan, mereka menuliskannya dengan menggunakan spasi sebelum dan sesudah tanda elipsis.








Beberapa penerbit menuliskannya dengan tanpa spasi di awal dan dengan spasi di akhir elipsis. Di Elexmedia sendiri, dari pengamatan yang kulakukan pada buku-buku terbitan mereka, penulisan untuk elipsis tiga ( ...), ditulis dengan spasi pada awal dan akhir tanda elipsis. Sedangkan untuk elipsis empat (....), penulisannya tanpa spasi.

Kesimpulannya, untuk penulisan tanda elipsis, kalian bisa menulis dengan cara apa saja. Itu tergantung kalian memakai acuan yang mana :D


Cukup untuk pembahasan elipsis, jika kalian masih bingung dengan penulisan kata (ku) dan (kau) dipisah atau enggak, bisa dilihat di sini.


Terus semangat belajar dan jangan berhenti menulis, karena menulis adalah mewujudkan mimpi yang belum terlaksana.


6 comments: