Wednesday, November 30, 2016

Memulai




Apa pun, yang namanya memulai itu pasti tidak mudah. Apalagi jika itu benar-benar baru buat kita. Seperti aku sekarang, sedang mencoba lagi mengurus blog. Sebenarnya blog bukan hal baru buatku, tiga tahun yang lalu aku pernah membuat blog yang khusus memposting cerpen dan cerbung. Sayangnya sudah lama sekali blog itu tidak kusentuh karena lumayan sibuk dengan aktifitas dunia nyata.

Kita kembali ke topik "memulai" itu tadi.

Sekitar lima tahun yang lalu aku pernah kursus bakery, chef yang jadi pengajar (namanya Pak Sugiarto) pernah bilang, "Kalau kamu sudah berniat usaha, hal yang paling utama harus kamu lakukan itu memulai. Sebelum akhirnya menyesal karena didahului orang lain."

Terima kasih pada beliau. Kalimat itu terus kuingat dan tidak hanya kuterapkan untuk bisnis. Tapi untuk apa pun yang ingin kuraih, termasuk impian. Seperti ketika pertama kali menulis. Aku mulai menulis awal tahun 2013, setelah puluhan tahun sebelumnya hanya membaca. Mulai menggoreskan kalimat pertama menjadi sebuah cerita, sungguh tidak mudah. Ternyata ada banyak sekali aturan kepenulisan yang belum aku tahu. Tidak masalah. Aku mempelajarinya sambil berjalan. Dan Alhamdulillah, pertengahan Oktober kemarin, novel I'll Let You Know diterbitkan Elexmedia Komputindo.

Sampai sekarang pun, kalau ada yang inbox via messenger atau whatsapp menanyakan bagaimana caranya biar bisa jadi penulis? Aku cuma jawab, "Just start, then keep going." Dan kalau mereka jawab, "Tapi aku masih awam, belum tahu aturan EYD ini itu...."

Come on ... enggak ada bayi baru lahir yang langsung bisa jalan. Hanya memulai. Buka laptop kamu dan mengetik. Selebihnya ... jalan akan terbuka dengan sendirinya.

So, don't be afraid to start over! 




1 comment: